Kamis, 12 Agustus 2010

Buah Kurma, Pemulih Stamina Usai Diserang DB


BUAH kurma yang marak dijual pada bulan puasa sebagai salah satu makanan pembuka puasa, ter-nyata memiliki khasiat yang luar biasa. Buah yang yang dagingnya berwarna coklat kehitaman itu temyata memiliki khasiat menyembuhkan penyakit Deman Berdarah (DB), yakni mempercepat pemulihan kondisi saat sakit demam berdarah.

Meski belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat buah itu untuk menyembuhkan DB, berbagai pengakuan empiris yang bermunculan menyebutkan, kurma yang telah diolah menjadi jus mampu meningkatkan kadar trombosit secara signifikan. Karena itu, banyak orang yang keluarganya terkena DB tergerak untuk mencari jus kurma.

Seorang pemilik toko buku di Bandung, Ahmad Said Joban, coba mempopulerkan jus kurma yang berkhasiat menyembuhkan DB itu. Pada 2005, seorang besan Said, panggilan akrabnya, terserang DB. Said ingat, bila ia menderita salat saat masih kecil, semisal sakit panas, orang-tuanya selalu mcngobatinya dengan buah kurma. "Karena waktu itu belum ada blender atau juicer, kurma cukup direndam di air hangat selama beberapa saat lalu dikocok-kocok. Air seduhan itu yang kemudian saya minum," tutur Said.

Seperti ditugaskan untuk terus melakukan percobaan, setelah besannya sembuh dari DB berkat jus kurma yang ia berikan, berturut-turut menantu, keponakan, sepupu, dan paman Saidjuga menderita DB. Ada tujuh orang kerabat dekatnya yang terserang DB dan semuanya cepat pulih kondisinya berkat jus kurma yang ia berikan. "Yang trombositnya cuma 9 ribu, tetapi setelah minum jus kurma naik hingga 140 ribu," kata Said.

Pengalaman menarik tersebut dituturkan Said ke koran setempat. Sambutan temyata luar biasa. Telepon di rumah dan tokonya tak berhenti berdering dari orang-orang yang bertanya tentang resep, atau minta dibuatkan jus kurma. Tak sedikit pula orang yang datang langsung ke tokonya dengan keperluan serupa. "Selain membuka usaha toko buku, terus terang saya memang sudah lama berdagang buah kurma. Karena banyak yangmeminta, belakangan saya juga menjual jus kurma," ungkapnya.

Wartawan-wartawan yang kemudian mewawancarainya mengusulkan agar Said mendata jumlah orang yang bertanya soal jus kurma, baik yang melalui telepon maupun yangdatang lang sung. Maklum, setelah ia bercerita lewat koran, dan kemudian menyebarkan resepnya lewat milis di internet, banyak yang menelepon untuk mengucapkan terima kasih karena resep jus kurmanya terbukti manjur. "Kesaksian mereka saya catat dalam buku. Jumlahnya sudah banyak, sekitar seribu orang lebih. Banyak di antara mereka yang kemudian jadi pelanggan kurma yang saya jual," ujarnya, kompas.com.dn

Meski belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat buah itu untuk menyembuhkan DB, berbagai pengakuan empiris yang bermunculan menyebutkan, kurma yang telah diolah menjadi jus mampu meningkatkan kadar trombosit secara signifikan. Ada tujuh orang kerabat dekatnya yang terserang DB dan semuanya cepat pulih kondisinya berkat jus kurma yang ia berikan. Wartawan-wartawan yang kemudian mewawancarainya mengusulkan agar Said mendata jumlah orang yang bertanya soal jus kurma, baik yang melalui telepon maupun yangdatang lang sung. Banyak di antara mereka yang kemudian jadi pelanggan kurma yang saya jual," ujarnya, kompas.com.dn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar